BALAS DAN JENIS BALAS

Balas adalah bagian dari lapisan jalan kereta api dimana bantalan rel ditempatkan dan terletak diatas lapisan tanah dasar.

Fungsi :

  1. Meneruskan dan menyebarkan beban yang diterima bantalan ketanah dasar
  2. Mencegah/menahan bergesernya bantalan dan rel baik kearah membujur (akibat gaya rem, jejakan pada rel, kembang susut rel karena perubahan suhu udara) maupun arah melintang akibat gaya lateral.
  3. Sebagai drainase agar tidak terjadi genangan air disekitar bantalan rel.

Ketebalan Lapisan Balas

Pada tanah dasar yang mempunyai kuat dukung yang tinggi, tidak diperlukan ketebalan balas setebal balas di atas tanah lunak. Pada balas yang menerima beban ringan cukup menggunakan balas yang relatif tipis dibandingkan dengan balas yang harus menerima beban yang besar.

Dengan demikian ketebalan lapsian balas yang diperlukan rtergantung :

  1. kuat dukung tanah dasar badan jalan rell
  2. Beban roda kereta api
  3. Kecepatan kereta api
  4. Bahan balas

Jika bantalan diletakkan langsung di atas tanah dasar tanpa balas, tanah di bawah bantalan dan juga bantalnnya akan cepat rusak akibat sentakan-sentakan oleh beban dinamis yang berasal dari kereta api yang berjalan di atasnya Rusaknya tanah dasar dan bantalan akan menyebabkan kedudukan sepur tidak stabil. Kerusakan yang terjadi akan akan semakin cepat dan besar sewaktu turun hujan yang dapat mengakibatkan lunaknya tanah dasar badan jalan rel. dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa lapisan balas tetap diperlukan untuk segala jenis tanah dasar badan jalan rel.

Balas terdiri atas dua bagian, yaitu :
1. Balas atas
2. Balas bawah

  1. Balas atas

Balas atas terdiri dari batu pecah yang keras, bersudut tajam (angular), tahan lama, tidak cepat aus oleh beban, dan tahan terhadap cuaca serta bergradasi baik. Hal ini dimaksudkan untuk menahan beban dinamis yang berat yang berasal dari kereta api yang berjalan di atas rel. Lapisan balas atas akan mengalami tegangan yang sangat besar, oleh karena itu bahan pembentuknya harus baik.

2. Balas bawah

Lapisan balas bawah terdiri dari kerikil halus, kerikil sedang atau pasir kasar yang memenuhi syarat–syarat yang tercantum dalam Peraturan Bahan Jalan rel Indonesia (PBJRI). Balas bawah berfungsi sebagai lapisan penyaring (filter) antara tanah dasar dan lapisan balas atas dan harus dapat mengalirkan air dengan baik. Tebal minimum lapisan balas bawah adalah 15 cm.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blogger templates